12 Amalan Doa Menyambut Bulan Ramadan 2024 beserta Artinya (2024)

12 Amalan Doa Menyambut Bulan Ramadan 2024 beserta Artinya (1)

12 Amalan Doa Menyambut Bulan Ramadan 2024 beserta Artinya (2)Perbesar

ADVERTIsem*nT

Pada bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk senantiasa memanjatkan doa-doa baik dan mengamalkan amalan tertentu. Karena sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadan, ketahuilah kumpulan amalan doa menyambut bulan Ramadan 2024.

ADVERTIsem*nT

Mengutip dari Doa dan Bacaan yang Dianjurkan di Bulan Ramadhan, Teknik Elektro ITI, 5 Maret 2023, dalam situs el.iti.ac.id, sebelum memanjatkan doa, ada beberapa adab dalam untuk berdoa yang diajarkan oleh Syekh Mutawakkil Billah.

Yang pertama yaitu meyakini dalam hati bahwa doa kita akan diterima Allah Swt, berdoa dengan rendah hati, suara lembut, disertai rasa takut dan penuh harap, hingga berdoa hendaklah dimulai dengan membaca hamdalah dan shalawat atas Nabi Muhammad saw.

Ada banyak amalan doa yang bisa dibaca pada saat bulan suci Ramadan. Masih mengutip dari situs yang sama, yaitu Doa dan Bacaan yang Dianjurkan di Bulan Ramadan, Teknik Elektro ITI, 5 Maret 2023, dalam situs el.iti.ac.id, berikut kumpulan amalan doa menyambut bulan Ramadan 2024:

ADVERTIsem*nT

1. Doa Sesudah Sholat Tarawih

Doa yang harus dibaca adalah:

"Allahumma inna nas aluka ridhoka wal jannata, wa naudzubika min sakhotika wannaar. Allahumma innaka ‘afuwwun karim, yuhibbul ‘afwa fa'fuanna wa waalidayna wa ‘an jami'il muslimiina wal muslimaati birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Yang artinya: "Ya Allah, kami memohon ke hadirat-Mu untuk mendapatkan keridhaan-Mu dan surga-Mu. Dan kami berlindung dari kemurkaan-Mu dan dari siksa api neraka. Ya Allah, Engkau Maha Pengampun lagi Maha mulia.

"Engkau suka mengampuni, karena itu ampunilah kami dan ampunilah ibu bapak kami serta seluruh kaum muslimin dan muslimat dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan yang Maha Penyayang."

2. Doa Sesudah Sholat Witir

Doa yang dibaca yaitu:

"Subhaanal malikil qudduus.” (3x) - HR Nasai dan Ibnu Sinni.

Yang artinya: "Mahasuci Tuhan, Pemilik (alam semesta) yang Maha Quddus"

Lalu, dilanjutkan dengan membaca doa sebagai berikut:

"Allahumma inni a'udzu bi ridhooka min sukhthika, wa a’uudzu bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka, laa uhshii tsanaa an ‘alaika anta kama atsnaita ‘alaa nafsika." - HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasai.

Yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keridaan-Mu dari murka-Mu, dan aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari-Mu. Aku tidak dapat menghitung pujian atas-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu."

3. Doa pada Malam Lailatul Qadar

Doa yang dianjurkan untuk dibaca yaitu:

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii." - HR Tirmidzi, Nasai Ibnu Majah dan lainnya.

Yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, Engkau menyukai kemaafan, maka maafkanlah kesalahanku."

Adapun untuk waktu kapan malam Lailatul Qadar itu sendiri, dijelaskan di dalam kitab Fiqh Islam sebagai berikut:

ADVERTIsem*nT

"(Yaitu) pada malam-malam ganjil setelah tanggal 20 Ramadan. Yang lebih masyhur adalah pada malam ke-27 berdasarkan hadis mengenai malam Lailatul Qadar berikut ini,"

Dari Ibnu Umar, Rasulullah saw bersabda: "Barangsiapa ingin menjumpai malam Lailatul Qadar, hendaklah ia mencarinya pada malam ke-27." - HR Ahmad.

4. Doa Berbuka Puasa

Doa yang dapat dibaca yaitu:

"Allahumma laka shumtu, wa ‘ala rizqika afthortu, dzaHabazh zhoma'u, wabtallatil ‘uruuqu, wa tsabatal ajru insyaa allahu."

Yang artinya: "Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, karena pemberian-Mu aku berbuka, dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah, serta pahala telah tetap jika Engkau menghendaki."

5. Doa Sesudah Sholat Jumat

Doa atau bacaan yang dapat dibaca, baik di luar Ramadan maupun pada saat Ramadan, adalah berdasar hadis,

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa setelah salat Jumat membaca surat Qul Huwallahu Ahad, Qul a'u dzubirobbil Falaq, dan Qul a’udzubirobbinnaas masing-masing sebanyak 7x, niscaya Allah azza wa jalla memeliharanya dari kejahatan hingga Jumat berikutnya." - HR Ibnu Sinni.

ADVERTIsem*nT

6. Doa Ketika Ramadan Datang

Doa ini diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith, yaitu sebagai berikut:

"Allahumma salimni min ramadlâna wa sallim ramadlana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan."

Yang artinya: "Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadan."

7. Doa Menyambut Ramadan

Doa ini diriwayatkan dari Imam Abu ‘Utsman an-Nahdi, yaitu sebagai berikut:

"Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni."

Yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai "maaf", maka maafkanlah diriku." - Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani.

8. Doa saat Bulan Ramadan Hadir

Doa ini dari Imam Abdul ‘Aziz bin Abi Rawad. Doanya adalah sebagai berikut:

"Allahumma adhalla syahru ramadhana wa hadlara, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allahummarzuqni shiyamahu wa qiyamahu shabran wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a’idzni fihi minassamati wal fatrati wal kasali wan na’asi, wawaffiqni fihi li lailatil qadri waj’alha khairan min alfi syahrin."

ADVERTIsem*nT

Yang artinya: "Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Ramadan kepadaku, dan berikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah (amal-amal)ku di bulan Ramadan."

"Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dalam mengharap pahala dan ridha-Mu atas bulan puasa Ramadanku dan qiyamul lail-ku. (Ya Allah), karuniailah aku dalam Ramadan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas."

"(Ya Allah), lindungilah aku dalam (bulan) Ramadan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/(banyaknya kantuk). (Ya Allah), sukseskanlah aku dalam lailatul qadar di Ramadan, dan jadikanlah pahala atau kebaikannya lebih baik dari seribu bulan lainnya." - Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad Ath-Thabrani, Kitab al-Du’a, 2007, hlm. 312.

9. Doa Awal Ramadan Sesuai dengan Sunnah

Doa menyambut bulan Ramadan ini diriwayatkan Thabrani dan Al-Dailami, yaitu sebagai berikut:

ADVERTIsem*nT

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Yang artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadan dan selamatkanlah bulan Ramadan untukku, serta selamatkanlah Ramadan dariku demi amal ibadah yang diterima." - HR Thabrani dan Al-Dailami.

10. Doa Menyambut Ramadan dari Rasulullah Saw

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud. Yaitu sebagai berikut:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Yang artinya: "Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah Swt yang telah menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini. - HR Abu Dawud.

11. Doa Dipertemukan dengan Bulan Suci Ramadan

Amalan doa ini biasanya dibaca sejak memasuki bulan Rajab. Berikut adalah doanya:

ADVERTIsem*nT

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Yang artinya: "Ya Allah berilah keberkahan pada kami di bulan Rajab, bulan Sya'ban, dan sampaikanlah kami di bulan Ramadan." - HR Ahmad.

12. Doa Para Sahabat Nabi

Berikut mengutip dari Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Menyambut Bulan Suci Ramadan, April 1, 2022, dalam situs islamic-economics.uii.ac.id, adalah doa yang biasa dibaca para sahabat nabi saat memasuki bulan Ramadan:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Yang artinya: "Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadan, dan antarkanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadan."

Selain doa atau bacaan di yang telah disebutkan di atas, tentunya bacaan dzikir lainnya yang biasa dibaca setiap hari masih dapat diamalkan selama bulan Ramadan.

ADVERTIsem*nT

Bahkan pahalanya di bulan Ramadan setara dengan mengerjakan amal kewajiban di bulan lainnya.

Hal tersebut telah dijelaskan berdasarkan hadis nabi saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, Baihaqi dan Ibnu Hibban. Bulan Ramadan sendiri mengantarkan umat manusia ke gerbang pahala yang lebih besar dari biasanya.

Setiap keutamaan yang ada di bulan Ramadan menjadikan bulan ini teramat istimewa.

Allah Swt mewajibkan umat muslim untuk berpuasa di bulan Ramadan tidak hanya semata-mata untuk menahan lapar dan haus selama 12 jam.

Diharamkan pula untuk umat Islam bermalas-malasan ketika berpuasa. Menjalankan ibadah puasa ini haruslah dilakukan secara ikhlas dengan niat untuk memperoleh ridha Allah Swt semata.

Demikian kumpulan amalan doa menyambut bulan Ramadan 2024, lengkap dengan artinya. Semoga kita senantiasa diberi keberkahan dan rezeki yang melimpah di bulan Ramadan dan bulan-bulan lainnya. (IF)

ADVERTIsem*nT

Baca juga: 10 Keutamaan Bulan Ramadan yang Penuh dengan Keberkahan

12 Amalan Doa Menyambut Bulan Ramadan 2024 beserta Artinya (2024)

FAQs

Apa saja 5 Amalan di Bulan Ramadhan? ›

Artikel-Keislaman
  • Memperpanjang Salat Malam.
  • Memperbanyak Sedekah.
  • I'tikaf.
  • Membaca Al Qur'an.
  • Membaca Doa.
Mar 28, 2024

Apa doa Menyambut Bulan Ramadhan? ›

Doa Menyambut Bulan Ramadhan #1

Arab Latin: Allahu akbar, allahumma ahlilhu 'alainā bil-amni wal-īmāni, was-salāmati wal-islāmi, wat-taufīqi lima tuḥibbu rabbana wa tarḍā rabbunā wa rabbukallah. Artinya: "Allah Maha Besar. Ya Allah!

Apakah berdoa di bulan Ramadhan akan dikabulkan? ›

Dalam Islam terdapat waktu berdoa yang paling mustajab yang diyakini akan dikabulkan oleh Allah Swt, salah satunya adalah berdoa di bulan Ramadhan.

Amalan apa yang paling utama di bulan Ramadhan? ›

Amalan bulan Ramadhan yang paling dinantikan untuk dikerjakan adalah sholat Tarawih. Menjalankan sholat Tarawih niscaya akan diampuni dosa-dosanya. Shalat tarawih di Indonesia biasanya berjumlah 8 rakaat dan 20 rakaat tanpa Witir.

Dzikir apa saja di bulan Ramadhan? ›

Berikut Zikir yang Bisa Dikerjakan Selama Ramadhan 2023:
  • Membaca Basmalah: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ...
  • Membaca Kalimat Syahadat. ...
  • Ta'awwudz. ...
  • Membaca Hamdalah. ...
  • Membaca Tasbih. ...
  • Membaca Tahlil. ...
  • Membaca Takbir. ...
  • Membaca Hauqolah.
Mar 28, 2023

Apakah sebelum puasa harus mandi besar? ›

Sebelum melaksanakan puasa Ramadhan, umat Islam tidak diharuskan melakukan mandi wajib karena amalan ini hukumnya sunnah.

Apa doa niat Puasa? ›

Bacaan Niat Puasa Ramadhan yang Benar Bahasa Arab

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta'âla. Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Apa doa niat sahur? ›

Doa sahur bulan Ramadan

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'I fardhi syahri Ramadhani hadzihis sanati lillahi ta'ala. Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.” Yarhamullâhul mutasahhirîn.

10 Hari Pertama Puasa disebut apa? ›

10 hari pertama Ramadhan dikenal dengan fase turunnya rahmat Allah. 10 hari kedua Ramadhan disebut sebagai waktu penuh ampunan dari Allah. Sedangkan 10 hari terakhir Ramadhan atau 10 hari ketiga Ramadhan merupakan saat terbebas dari api neraka. Dijelaskan Ustadz Al-Muthahhiri, S. Sy. S.I.F.

Hal-hal apa saja yang membatalkan puasa Sebutkan 4 saja? ›

Berikut adalah Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa:
  1. Makan dan minum dengan sengaja. Memakan atau minum secara disengaja dianggap sebagai pelanggaran dalam menjalankan puasa. ...
  2. Menonton FIlm Dewasa. ...
  3. Muntah Dengan Sengaja. ...
  4. Melukai Diri Sendiri Hingga Berdarah dengan Sengaja. ...
  5. Menelan Benda Asing. ...
  6. 6. Merokok.
Mar 19, 2024

Apa saja keistimewaan di bulan Ramadhan? ›

Selain itu, bulan Ramadhan juga memiliki banyak keistimewaan yang diantaranya adalah : Diturunkannya Al-quran di malam lailatul qadr agar menjadi petunjuk bagi alam semesta ini. Dibukanya pintu surga. Ditutupnya pintu neraka.

Doa apa yang dikabulkan oleh Allah? ›

“Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa ragu lagi, yaitu: doa bapak, doa musafir, dan doa dari orang yang teraniaya.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Turmudzi). Itulah enam golongan yang doanya pasti dikabulkan oleh Allah sebagaimana terangkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW.

Kapan waktu doa dikabulkan? ›

Waktu mustajab pertama yang bisa kamu ambil untuk berdoa adalah sehabis sholat malam. Kamu tentunya tahu bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud memang sulit namun jika dilakukan bisa menjadi bukti bahwa kita memang sungguh-sungguh membutuhkan pertolongan Allah.

Kapan waktu yang tepat untuk berdoa di malam lailatul qadar? ›

Setelah shalat, disarankan untuk membaca doa malam lailatul qadar. Malam lailatul qadar adalah malam yang sangat istimewa dan penuh berkah di bulan Ramadhan. Bahkan, malam tersebut disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran.

Apa yang dilakukan Rasulullah di bulan Ramadhan? ›

Beliau lakukan sebagai pertanda bahwa beliau tambah serius untuk beribadah dan menghidupkan malam-malamnya lalu membangunkan keluarganya untuk shalat dan berdzikir agar tidak kehilangan keberkahan yang melimpah ruah pada malam-malam tersebut. Bahkan khusus pada malam-malam terakhir, beliau beri'tikaf di masijid.

Apa saja perbuatan yang disunnahkan waktu berpuasa Tuliskan 4 contohnya? ›

10 Amalan Sunnah dalam Berpuasa
  • Pertama, makan sahur. ...
  • Kedua, menyegerakan berbuka sebelum shalat maghrib. ...
  • Ketiga, membaca doa yang ma'tsur sebelum atau setelah berbuka, antara lain dengan doa berikut:

Apa saja tiga keutamaan bulan Ramadan? ›

7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadan
  • Jakarta, CNBC Indonesia - Umat muslim bulan ini memiliki kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. ...
  • Penuh berkah. ...
  • Sebagai penebus dosa. ...
  • Doa orang berpuasa mustajab. ...
  • Memberi syafaat di hari kiamat. ...
  • Malam seribu bulan. ...
  • Balasan surga. ...
  • Pahala umrah setara haji.
Mar 12, 2024

Apa keutamaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan? ›

Ada sebuah hadits yang bunyinya : “Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim).

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Carmelo Roob

Last Updated:

Views: 6566

Rating: 4.4 / 5 (45 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Carmelo Roob

Birthday: 1995-01-09

Address: Apt. 915 481 Sipes Cliff, New Gonzalobury, CO 80176

Phone: +6773780339780

Job: Sales Executive

Hobby: Gaming, Jogging, Rugby, Video gaming, Handball, Ice skating, Web surfing

Introduction: My name is Carmelo Roob, I am a modern, handsome, delightful, comfortable, attractive, vast, good person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.