Bacaan Surat Yunus ayat 40-41, Arti, dan Tafsirnya (2024)

Bacaan Surat Yunus ayat 40-41, Arti, dan Tafsirnya (1)

Bacaan Surat Yunus ayat 40-41, Arti, dan Tafsirnya (2)Perbesar

ADVERTIsem*nT

Surat Yunus ayat 40-41 merupakan ayat dalam Al-Qur’an yang mengajarkan umat Muslim untuk selalu memiliki dan menanamkan sikap toleransi antarumat beragama. Sikap ini dibutuhkan agar terciptanya lingkungan sosial yang nyaman bagi seluruh umat.

ADVERTIsem*nT

Dalam buku Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam oleh Rianawati, orang dengan sikap toleransi akan menekan setiap hal yang dapat memicu timbulnya perselisihan, permusuhan, dan perpecahan yang diakibatkan persoalan perbedaan, kepercayaan, adat istiadat, suku, dan agama. Karenanya, Allah memerintahkan agar setiap manusia dapat menjaga toleran, terbina kasih sayang, dan perdamaian antar umat beragama.

Berikut bacaan surat Yunus ayat 40-41 lengkap dengan arti dan tafsirnya.

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ ࣖ - ٤٠

Artinya: “Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur'an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.”

ADVERTIsem*nT

وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ - ٤١

Artinya: “Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Mengutip situs Qur’an Kemenag, tafsir ayat 40 menjelaskan terbaginya umat manusia ke dalam dua golongan. Ada golongan yang beriman kepada Allah dan golongan yang tidak beriman. Golongan yang beriman akan mengikuti apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. Sedangkan yang tidak beriman akan mendapatkan balasan dari Allah.

Lalu, tafsir ayat 41 menjelaskan bahwa Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk terus menyampaikan ajarannya. Bagi yang orang-orang musyrik dan tetap mendustakan Rasulullah akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak.

ADVERTIsem*nT

(PDN)

Bacaan Surat Yunus ayat 40-41, Arti, dan Tafsirnya (2024)

FAQs

Quran surat Yunus ayat 40 sampai 41 menjelaskan tentang apa? ›

Isi kandungan yang terdapat dalam Surat Yunus Ayat 40-41 menjelaskan tentang bagaimana orang-orang beriman dan tidak beriman, orang-orang yang berbuat kerusakan dan tidak membuat kerusakan. Allah SWT Maha Tahu apa yang manusia perbuat, dan semua perbuatan akan mendapatkan ganjarannya.

Apa yang anda pahami tentang toleransi di dalam surat Yunus ayat 40 sampai 41? ›

Perintah toleransi terhadap kaum non-muslim

Dari arti surat Yunus ayat 40-41 secara tersirat menerangkan bahwa kita sebagai umat muslim tidak perlu mencampuri hak kaum non-muslim dalam hal keimanan mereka. Harapannya, kaum non-muslim juga tidak mencampuri keimanan umat Islam terhadap Al-Qur'an.

Pada arti QS Yunus ayat 41 menjelaskan dan jika mereka tetap Mendustakanmu Kepada siapakah mereka mendustakan? ›

Bacaan Surat Yunus Ayat 40-41

Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan." Artinya: "Jika mereka mendustakanmu (Nabi Muhammad), katakanlah, "Bagiku perbuatanku dan bagimu perbuatanmu.

Dalam QS Yunus 10 41 Apa yang ditekankan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan kepada mereka yang mendustakannya? ›

d.

Allah berfirman pada QS, Yunus (10);41. Artinya; Jika mereka mendustakan kamu, maka Katakanlah: "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan".

Apa isi kandungan surat Yunus ayat 41? ›

Kandungan surah Yunus ayat 40-41 berisi ajaran tentang keberadaan dua golongan manusia di mata Allah SWT. Golongan yang dimaksud adalah golongan orang yang beriman dan golongan pendusta yang tidak beriman kepada Al-Qur'an.

Surah Yunus menceritakan tentang apa? ›

Surah ini terdiri atas 11 ruku'. Sedangkan topik utama yang dibahas dalam surah ini meliputi masalah akidah, iman kepada Allah, kitab-kitab dan rasul-Nya, serta Hari kebangkitan dan pembalasan. Sejumlah ayat turun pada saat Muhammad mulai berdakwah.

Apa Keistimewaan sūrah Yūnus? ›

Ada beberapa keistimewaan yang dimiliki doa Nabi Yunus As yakni sebagai berikut. 1. Dimudahkan urusan dalam ujian dan berserah diri kepada Allah SWT. 2. Sebagai bentuk permohonan ampunan sebagai hamba kepada Allah SWT dari dosa-dosa atau kesalahan yang pernah dilakukan.

Bagaimana pendapat Al Maraghi tentang QS Yūnus 10 40? ›

Sedangkan menurut al-Maraghi menjelaskan bahwa Allah Swt. paling mengetahui kerusakan yang mereka perbuat dengan perbuatan syirik, dzalim dan melampaui batas. Allah Swt. akan memberikan balasan kepada mereka di dunia dan akhirat, serta menolong Nabi dan umatnya yang beriman.

Apa Arti Dari sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang orang yang berbuat kerusakan? ›

Rabbmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.” Yaitu orang-orang yang tidak beriman kepadanya dengan dasar kezhaliman, penentangan dan kerusakan, maka Dia akan membalas kerusakan mereka dengan azab yang paling berat.

Dalam Al Qur an surat Yunus ayat 41 mengajarkan kepada kita cara menyikapi orang orang yang mendustakan Al Qur an dengan mengatakan apa? ›

41. Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Bagaimana isi kandungan Quran surat Yunus 10? ›

Dari ayat ini dipahami bahwa wajib atas tiap-tiap orang yang beriman mensucikan jiwanya, dan membersihkan dirinya. Cara mensucikan jiwa dan membersihkan diri itu ialah dengan beribadah kepada Allah, mengendalikan hawa nafsu dan mengarahkannya untuk mengerjakan perbuatan yang baik dan amal yang saleh.

Lafal yang berarti aku pun tidak bertanggungjawab terhadap apa yang kamu kerjakan adalah? ›

Bacaan Surah Yunus Ayat 40-41 dan Terjemahannya

Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, 'Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggungjawab terhadap apa yang kamu kerjakan.

Surah Yunus surah ke berapa? ›

'Yunus (Yonas)') adalah surah ke-10 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 109 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah kecuali ayat 40, 94, dan 95, yang diturunkan pada di Madinah.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Greg O'Connell

Last Updated:

Views: 6154

Rating: 4.1 / 5 (62 voted)

Reviews: 85% of readers found this page helpful

Author information

Name: Greg O'Connell

Birthday: 1992-01-10

Address: Suite 517 2436 Jefferey Pass, Shanitaside, UT 27519

Phone: +2614651609714

Job: Education Developer

Hobby: Cooking, Gambling, Pottery, Shooting, Baseball, Singing, Snowboarding

Introduction: My name is Greg O'Connell, I am a delightful, colorful, talented, kind, lively, modern, tender person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.